h1

Elpiji Meledak di Samarinda Bukan Agen Pertamina

November 17, 2009

Jakarta – Ledakan elpiji di dalam kontainer yang terjadi di Samarinda bukan berasal dari agen Pertamina. BUMN minyak itu menduga ada pihak yang ingin menyelewengkan elpiji-elpiji tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Ahmad Faisal dalam konferensi pers di Gedung Pertamina, Jakarta, Selasa (27/5/2008).

Peristiwa ledakan itu terjadi hari ini pukul 08.00 Wita di Pelabuhan Kontainer, Jl Yos Sudharso, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). Aktivitas bongkar muat di pelabuhan tersebut belum terlalu ramai. Seorang buruh pelabuhan Samarinda, Sudarmono tewas ketika dia akan membuka kontainer tersebut.

Saat itu Sudharmono sedang membuka segel karet kontainer dengan menggunakan korek api. Dan beberapa detik kemudian, terdengar ledakan yang sangat keras. Sudharmono tewas seketika. Sementara buruh lainnya, Ancah (30), mengalami luka parah.

Sumber ledakan diduga tabung gas elpiji yang dimuat dalam kontainer tersebut. Ledakan itu juga membuat kontainer rusak dan pagar pembatas pelabuhan jebol. Bahkan tiang pagar pembatas pelabuhan itu terlempar hingga mengenai sebuah pintu ruko yang berjarak sekitar 25 meter.

“Tadi pagi, dengan kondisi seperti ini secara tidak terduga saya dapat laporan dari kepolisian, di Samarinda terjadi ada oknum yang bawa elpiji dari Surabaya ke Samarinda dengan kontainer lalu meledak. Dan setelah dicek bukan agen, yang seperti ini yang ingin manfaatkan keadaan,” urai Faisal.

Dengan adanya peristiwa itu, kata Faisal, Pertamina telah memerintahkan SPBE untuk mengecek agen dan dealer apakah ada kejadian serupa.

“Karena kita belum tahu itu mengambilnya dr mana. Sampai sekarang sih di Jakarta belum ditemukan agen yang seperti itu,” pungkas Faisal.

Sumber: http://www.detikfinance.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: