h1

Elpiji Meledak, Apa Upaya Pertamina-Polisi?

June 25, 2010

Pada Kamis saja, 24 Juni 2010, tabung elpiji meledak di tiga tempat yang berbeda.

VIVAnews- Kepolisian akan bekerjasama dengan Pertamina dalam mengungkap kasus terjadinya ledakan tabung gas yang terus berulang. Kepolisian juga menemukan modus baru seperti menyuntik tabung gas.

“Sedang dilakukan upaya penyidikan, itu kan ada modus baru yang berkembang, seperti disuntik tabung gasnya, itu membahayakan,” ujar Kapolri Bambang Hendarso Danuri di di Jakarta, 24 Juni 2010.

Menurut dia, saat ini Kepolisian tengah menyelidiki. “Pelaku yang bersalah akan ditahan. Itu masih dalam proses,” ujarnya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Darwin Zahedi Saleh mengatakan kasus ledakan gas akhir-akhir ini perlu penanganan terpadu. Dengan penanganan secara tersimpul, Darwin berharap tiap kementerian atau lembaga tidak lepas tanggung jawab.

“Jadi bukan sekedar Kementerian Perindustrian tangani SNI (Standar Nasional Indonesia), Kementerian Perdagangan pada peredarannya, atau Kementerian ESDM untuk jaminan pasokannya. Tetapi lebih kepada fakta banyak (tabung gas) yang meledak,” kata menteri asal Partai Demokrat ini.

Selain itu, Darwin mengatakan, masalah ledakan tabung gas tidak hanya diakibatkan oleh tabung. “Mari lihat selangnya, mari lihat aksesoris lainnya, mari kita perbaiki,” ujar Darwin.

Akhir-akhir ini ledakan tabung gas elpiji terus berulang. Bahkan, peristiwa yang menimbulkan korban luka dan menghilangkan nyawa tersebut semakin sering terjadi. Bukan cuma tabung elpiji 3 kilogram, melainkan juga elpiji 12 kilogram.

Pada Kamis saja, 24 Juni 2010, tabung elpiji meledak di tiga tempat yang berbeda, yakni di Senen, Matraman dan Bogor.

Pertama, ledakan tabung gas 3 kilogram di kawasan Senen, Jakarta Pusat menyebabkan lima rumah hangus terbakar. Menurut informasi dari Pusat Komunikasi dan Informasi Bidang Humas Polda Metro Jaya, kebakaran terjadi di kawasan dekat Pasar Poncol, RT 3 RW 3, Bungur, Senen, Jakarta Pusat. Setelah terjadi ledakan, api mulai terlihat pukul 04.00 WIB dan cepat membesar serta mulai membakar rumah yang ada di sekitarnya.

Kedua, ledakan akibat kebocoran tabung gas kembali terjadi di dapur rumah makan Lapo Amelia, di Jl Pramuka, Matraman, Jakarta Timur, Kamis 24 Juni 2010. Akibat ledakan yang terjadi pukul 14.30 WIB ini, sebanyak empat orang mengalami luka. Satu korban, Manto mengalami luka serius dan telah dilarikan ke RS Cikini, Jakarta Pusat.

Menurut Kapolsek Matraman, Komisaris Suwanda, ledakan dipastikan dari tabung gas berukuran 12 kilogram yang mengalami kebocoran. “Tabung bocor dan akan dibawa keluar kemudian meledak,” ujarnya. Kejadian ini membuat panik warga sekitar, karena lokasi ledakan hanya berjarak satu rumah dari SPBU di Jalan Raya Pramuka.

Ketiga, tabung gas elpiji 3 kilogram meledak pada pukul 16.00 WIB di Kampung Lebak Pilar, Kelurahan Sempur, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Akibatnya, dua orang mengalami luka-luka bakar pada bagian tubuhnya dan sebuah rumah nyaris terbakar. Kedua korban tersebut, Andre dan Maswin.

Menurut sumber di Pertamina, kasus ledakan elpiji umumnya terjadi di rumah-rumah minim udara terbuka, tanpa jendela. Akibatnya, saat peralatan tabung elpiji bocor, gas berputar-putar di ruangan sehingga saat kompor dinyalakan mudah terjadi ledakan atau kebakaran.

Pemerintah mengubah kebijakan energi yang dikonsumsi masyarakat kecil dari semula minyak tanah ke elpiji untuk memangkas subsidi bahan bakar minyak. Namun, perubahan kebijakan ini tidak dibarengi dengan pemahaman masyarakat bahwa kebocoran gas elpiji berisiko di ruang tertutup. Ironisnya, tak sedikit pengguna elpiji adalah rumah tangga yang minim ruang terbuka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: