h1

Beredar Aksesoris Elpiji Ilegal

August 15, 2010

PONTIANAK – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Pontianak menemukan aksesoris elpiji tidak sesuai standar masin beredar di pasaran. Namun instansi tersebut tidak bisa mengambil tindakan karena menunggu hasil penyelidikan lebih lanjut.“Kami sudah uji petik di lapangan. Memang masih ditemukan aksesoris tidak sesuai standar. Saat ini Kementerian Perdagangan masih melakukan penyelidikan. Hasilnya baru dijadikan acuan untuk mengambil tindakan,” kata Kepala Disperindagkop dan UKM Kota Pontianak, Ayu Haro saat dihubungi Pontianak Post, Rabu (28/7).

Uji petik dilakukan pada beberapa lokasi diantaranya kawasan Parit Pangeran dan Pasar Flamboyan, bersama tim lainnya. Salah satunya dari Kementerian Perdagangan. Aksesoris tidak sesuai standar ini ditemukan dengan cirri-ciri tidak memiliki label SNI, dalam label tidak ada nama perusahaan yang mengeluarkannya, atau tidak mencantumkan alamat maupun nomor telepon yang jelas. Menurut Ayu, penyelidikan dilakukan hingga kepada perusahaan yang memproduksinya. Sekarang ini seluruh perusahaan yang mengeluarkan juga harus ber-SNI. Dari hasil uji petik, disinyalir aksesoris berupa selang dan regulator dikeluarkan satu perusahaan dengan berbagai mereka.

“Kami sudah meminta secepatnya kepada pusat untuk mengirimkan hasil penyelidikan agar bisa mengambil tindakan. Sebab ini juga untuk keamanan bersama,” ungkap Ayu.Saat ini Disperindagkop dan UKM terus menyosialisasikan dan mengimbau masyarakat untuk membeli aksesoris sesuai SNI. Aksesoris elpiji yang resmi harganya tidak berbeda dengan yang ilegal, berkisar antara Rp70 ribu sampai Rp85 ribu. Perbedaannya terlihat pada bentuknya. Aksesoris sesuai standar memiliki sambungan las lebih halus, lingkaran tengah pada tabung lebih rapi, dan warnanya tidak lebih terang daripada tabung illegal. “Kami sudah mengecek langsung ke SPBE di Siantan, mereka di sana sudah melakukan seleksi tabung secara ketat,” kata Ayu.Ia meminta masyarakat untuk menimbang terlebih dulu tabung gas sebelum membeli. Berat total delapan kilogram, dengan rincian lima kilogram berat tabung dan sisanya gas. “Lihat segel plastik putih bening, periksa karet hitamnya. Ada atau tidak. Karet hitam ini diperoleh secara gratis di pabrik,” ungkapnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: